Monthly Archives: May 2012

Entah Mau Buat Judul Apa ?

Semua telah habis

lewat kapiler-kapiler hati dan kemudian menghamburkannya

Habis..habis..dan habis

Semua telah menghilang

ibarat air yang menguap karena hangatnya mentari

Hilang..hilang..hilang

Tak ada lagi yang bersisa

meskipun sedikit rindu, meskipun sedikit harap

dengan hati yang baru tentunya

harapan kebahagian untuk kamu bersamanya

tentu saja kututur lewat rapatan tangan munajatku

Dan sekarang gililran aku

giliran raga yang telah belajar dari sakit

untuk mencari bahagianya sendiri

merajut cita,harap, dan tentu saja cinta yang baru

Terimakasih untuk kamu

sejenak kita bahagia bersama

selamanya kita bahagia sendiri

Tagged ,

Perjalanan Panjang nan Melelahkan

(Kejadian bodoh dan mengenaskan  ini sebenarnya gak perlu terjadi, seandainya kawan aku yang bernama Din Affriansyah a.k.a Agam gak perlu malu untuk bertanya diamana jalan Sei Siput sialan itu berada.) Continue reading
Tagged

Patah Hati Itu………..!!

Apa Itu Patah Hati ?

    
      Patah hati adalah perasaan dimana hati itu em…em…em… Gini aja patah hati itu adalah kondisi dimana hati sedang amat sangat gak mengenakkan, iya gak enak kali rasanya. Mau makan gak enak, mau tidur gak enak, bahkan mau shoping juga gak enak (untuk yag terakhir lebih disebabkan kobndisi keuangan).
     Bisa juga diartikan dimana seseorang berada dalam kondisi yang galau segalau-galaunya galau, putus asa seputus asa-putus asanya putus asa, melankoli semelankoli-melankolinya melankoli, sedih sesedih-sedihnya sedih. Continue reading
Tagged , ,

Sejarah Sandal

     Hallow apa kabar, saya harap semua pembaca yang enggak sengaja nyasar ke blog saya ini dalam keadaan sehat walafiat di lindungi oleh Allah swt, dan diberkahi selalu oleh rahmatNya yang tiada habisnya.
     Sekarang di blog saya ini saya bakalan sedikit menceritakan Sejarah Sandal. Kenapa saya ngebahas sandal, karena selain menghormati jasa-jasanya setiap hari, saya juga berjualan sandal dan sepatu di dekat stadion teladan medan (sedikit promosi hehehe..).
     Fuihh…. udah di cari kemana-kemana sampe-sampe mata dan jari-jari saya capek gak nemu juga siapa sebenarnya penemu sandal. Mungkin karena sandal gak ditemuin secara iseng oleh perorang atau mungkin sandal ditemuin pas jaman atu-dulu kali jadi gak ada acara publikasi buat bikin acara penabalan nama atau paten atas sandal tersebut.
     Ok. Jadi  daripada berlama-lama bercuap-cuap yang gak jelas, dan saya gak juga nemuin siapa penemu aslinya maka daripada itu marilah anda sekalian yang nyasar ke blog saya ini untuk membaca dengan penuh hikmat sejarah singkat perkembangan sandal. Jangan lupa cemilan dan minumannya Let’s Cekidot….!!!
SEJARAH SANDAL
   Sandal pertama yang diciptakan manusia berasal dari Mesir. Sandal itu terbuat dari kayu dan daun papirus. Untuk mencetak sol sandal, mereka mencetak bentuk kaki di atas pasir pantai.Setelah era Mesir, sandal generasi kedua adalah milik Yunani. Modelnya disesuaikan dengan kegiatan yang mereka lakukan, seperti untuk jalan-jalan, pesta, atau dipakai di rumah. Sandal bagi bangsa Yunani juga mencerminkan status dan kelas sosial si pemakai.
     Sandal generasi ketiga adalah sandal Romawi yang diadopsi dan diadaptasi dari gaya sandal Yunani. Salah satu ciri khas sandal hasil modifikasi Romawi adalah penggunaan bahan kulit, tali pengikat yang dililit sampai betis, dan sol tebal dari kulit.Dengan sandal model ini (disebut caligae), para prajurit Romawi atau gladiator bisa berperang dengan nyaman dan bebas. Sedangkan kaum perempuan zaman Romawi umumnya memakai sandal dari kain.
Sandal hak tinggi
     Dalam perkembangannya, alas atau sol sandal dibuat dari gabus. Bagian penutupnya dari kulit yang dijahit dengan bagian atasnya. Bagian jari kaki dibiarkan terbuka, dilengkapi sabuk atau tali agar tak mudah lepas dari kaki pemakai. Sol sandal juga dibuat dari karet, plastik, kayu, ban bekas, anyaman tali, atau anyaman rumput. Bagian tumit (hak) sandal untuk perempuan umumnya dibuat lebih tinggi daripada bagian depan.
     Dalam bentuk paling sederhana, sandal dengan penutup di bagian punggung dan jemari tetapi terbuka di bagian tumit dan pergelangan kaki disebut selop.
     Ada pula sandal jepit atau sandal Jepang yang berwarna-warni dan terbuat dari karet atau plastik, dengan tali penjepit berbentuk huruf ”V” untuk menghubungkan bagian depan dengan belakang sandal. Sandal dari ban bekas disebut sandal bandol. Ini kependekan dari ban bodhol atau ban bekas.
    Dan di jaman sekarang ini gak ada orang yang gak punya sandal. Yakinlah karena saya telah berpengalaman di dunia jualan Sandal
Tagged , , , ,

Morihei Ueshiba | Pendiri Aikido

sejarah aikido

 Beberapa orang bakalan bingung siapa kakek tua ini sebenarnya, beberapa lainnya pasti tahu siapa kakek ini .Buat yang belum tahu nih kakek siapa dan kok bisa kujadikan bahan tulisan aku saat ini. Marilah kita ngebahas siapa si kakek ini sebenarnya biar agak nyambung nantinya dengan tulisan aku selanjutnya. Dan buat yang udah pada tahu, silahkan dibaca juga sebagai penilaian terhadap tulisan saya. Dan seperti biasa sediakan pop-corn dan minuman ringan biar gak bosan bin boring baca tulisan aku, Lets Ceki Dot….!!!.
Tagged , , , , ,

Natahan Stubbfield Penemu Telepon Genggam (Handphone)

Udah pada tahu handphone (hp) alias telepon genggam kan ?. Emm… kayaknya gak perlu lagi dijelasin apa itu handphone, karena sebagian besar dari kita pasti udah pada punya (yang gak punya buruan beli). Dari yang sekedar buat sms-an sama nelpon sampe’ yang mahal yang punya aplikasnya sejubel (udah mirip komputer alias smartphone) udah pada ada. Malahan sekarang bentuknya udah beraneka rupa, kalo dulu bentuknya pasti segi empat, kalo sekarang gak mesti petak beraneka ragam gitu. Dari yang kakek-kakek yang udah pada bangkotan sampe anak TK pasti pegang nih barang elektronik, padahalan aku dulu punya aja waktu pertama kuliah (sedih betul nasibku). Continue reading

Tagged , , , ,

Sir James Dewar | Termos adalah Temuannya

Termos. Ada yang tahu apa itu termos air ?. Mungkin ini pertanyaan aneh, mana ada sih di jaman sekarang ini ada yang gak tahu apa itu termos…?.Termos itu ialah benda yang di fungsiin buat nyimpan air panas tetap panas dan air dingin tetap dingin. Ada yang tahu siapa penemunya ? Nah kalo ini mungkin banyak yang gak tahu, jadi di tulisan awak sekarang ini awak akan nyeritain siapa penemu termos dan kek mana ceritanya kok bisa dia dengan sengaja iseng neumuin termos. Jangan lupa minuman ringannya ya, mana tahu klen haus bacanya ,bagi yang baca pake mulut, kalo yang baca dalam hati jangan lupa cemilan. And Then  Let’s Cekidot….

Sir James Dewar
     Sir James Dewar yuppp… dialah penemu termos . Lahir pada tanggal 20 september 1842 di kincardineon-Forth, Scotlandia. Ia lahir dann dibesarkan dari keluarganya yang berprofesi sebagai pedagang anggur. Pada saat setelah lulus dari bangku sekolah ia lanjut kuliah ke Universitas Edinburgh dimana gurunya adalah ilmuan kimia yang bernama Lyon Playfair (kayak selogan FIFA ya, hehehe..).
         Lulus kuliah pada tahun 1869 ia menjadi dosen di Rotal College Veteriner (susah kali pun bilangnya). Selain sibuk mengajar ia juga ssering melakukan penelitian yang sebagian besarnya ia lakukan di Inggris, ini karena di Inggris fasilitasnya lebih lengkap dari pada di Scotlandia tanah kelahirannya sendiri. Dan ia pun mendapatkan gelar Profesor di bidang kimia di kampus dimana ia mengajar, yaitu di London.
          Pada tahun 1904, bersama temannya John Fleming yang juga ahli kimia tetapi berbeda kampus (John dari kampus University College London) melakukan penelitian tentang daya tahan elektris pada suh -200 dedan 200 derajat Celsius dan mereke memprediksi daya tahn itu hilang pada suhu -273,15 derajat Celsius. Kemudian teori ini dikenal superkonduktivitas. Nah pada saat mengerjakan proyek inilah beliau nemuin tabung hampa udara. Tabung itu mengantikan bejana yang saat itu masih menggunakan kaca.
        Awalnya termos diadaptasi dari tabung hampa udara buat pengiriman dan penyimpanan gas cair. Namun Sir James Dewar  melihat peluang lain dan mengembangkan penemuannya tersebut yang mampu mempertahnkan suhu dingin dan panas. Termos Flash yang berbentuk botol terbuat dari kaca berdinding yang mana ruang diantaranya dibuat hampa udara dan salah  satu dinding dalamnya dilapisi perak. Dengan dinding semacam ini, isi didalam tabung gak bakalan terpengaruhi oleh suhu dari luar tabung.
        Pada termos terdapat dinding kaca yang bagian dalam dan bagian luarnya dibuat mengkilap, yang mana pada bagian dalamnya dibuat seperti itu supaya kalor dari air panas tidak terserap pada dinding, sementara di luarnya supaya tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi. Dan ruang hampanya yang ada di antara bagian dalam dan luar buat mencegah perpindahan kalor secara konveksi. Tutpnya sendiri di buat dari bahan isolator supaya mencegah terjadi perpindahan kalor secara konduksi.
        Dan pada tahun 1904 ciptaan Sir James Dewar tersebut diproduksi secara komersial dengan pendirian perusahaan Thermos GmbH. Dan pada tahun 1907 perusahaan tersebut menjual hak merek dagang untuk perusahaan-perusahaan lain. Produk termos ciptaan adalah milik atau nama merek dagang dilindungi oleh pelapis logam.
         Sir James Dewar meninggal pada tahun 1923 saat berusia 80 tahun di london, Inggris. Dan pada tahun 2011 termos ciptaanya telah berada di deluruh dunia, bahkan hampir di seluruh rumah di Indonesia. Sementara di rumah awak sendiri udah gak pake termos lagi karena mamak awak udah pake dispenser untuk kebutuhan air panas kami di rumah.
         Sekian lah tulisan awak sekarang ini semoga terdapat manfaat darinya. Dan apabila terdapat kesalahan di dalamnya maafin awak ya. Karena awak apalah hanya manusia biasa, tempat khilaf dan salah berada, sementara kesempurnaan hanya milik Allah swt (mirip bunda dorce-red).
Tagged , ,

Belajar dari “9 Matahari”

Selesai khatam novel 9 Matahari dan akhirnya aku bisa ngupil dengan tenang. Sebenarnya novel bersampul merah ini udah lama aku beli hampir dua tahun yang lalu. Tapi buku itu dipinjam oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan meninggalkannya di warnet saudara aku bukan malah mengembalikannya ke rumah aku. Aku yang punya penyakit lupa yang akut malah ngebiarin tuh novel disana  (kasian tuh novel). Continue reading

Tagged ,

Tulisan gak Perlu Judul

Hujan yang belakangan ini rutin menyiram malam hari menciptakan suara merdu bagaikan lagu nina bobok bagi siapa saja yang ingin terlelap setelah seharian sibuk mengisi kota. Cuacanya yang dingin seolah bumbu penyedap bagi sebagian besar manusia dikota itu untuk menutupi harinya yang membosankan ataupun menyenangkan ataupun melelahkan ataupun menjengkelkan (banyak lagi sebenarnya). Bahkan para insom gak bakalan kumat, mereka akan sembuh untuk sementara dan mungkin bakalan bangun kesiangan. Untungnya  tidak setiap hari , jika begini terus stasiun tivi bakalan berhenti tayang 24 jam sehari.

Sementara didalam sebuah kamar Continue reading

Tagged ,

Gak Harus Pake’ Judul ‘kan ?

Tuhan sepertinya suka memainkan aku

Menjadikan kamu yang terindah di hatiku

Tapi tidak ada itikad baik dari Tuhan untuk menyatukan kamu denganku

Malahan membalikkan hati kamu ke masa lalu kamu

Kurang puas dengan itu

Hampir setiap malam Tuhan menciptakan bayangan kamu

dalam mimpi yang menyenyakkan aku

Aku ingin protes

merutuki kekejaman Tuhan terhadap hatiku

tapi aku bisa apa

Aku cuma hamba yang menyembahNya

kemudian  menjalankan semua takdir yang diciptakanNya

Sekarang aku sedang memperbaiki hatiku

yang sedang disakiti Tuhan lewat cinta akanmu

Aku anggap aja itu pembelajaran

Supaya aku tahu bahwa ada yang lebih baik nunggu aku

di seberang jalan setelah kesuksesan aku

yang jelas itu bukan kamu

Tagged ,