Morihei Ueshiba | Pendiri Aikido


sejarah aikido

 Beberapa orang bakalan bingung siapa kakek tua ini sebenarnya, beberapa lainnya pasti tahu siapa kakek ini .Buat yang belum tahu nih kakek siapa dan kok bisa kujadikan bahan tulisan aku saat ini. Marilah kita ngebahas siapa si kakek ini sebenarnya biar agak nyambung nantinya dengan tulisan aku selanjutnya. Dan buat yang udah pada tahu, silahkan dibaca juga sebagai penilaian terhadap tulisan saya. Dan seperti biasa sediakan pop-corn dan minuman ringan biar gak bosan bin boring baca tulisan aku, Lets Ceki Dot….!!!.

     Namanya Morihei Ueshiba, lahir nih kakek pada tanggal 14 desember 1883 dan meninggal pada tanggal 26 april 1969 kalo dijumlahin umur beliau sekitar 85 tahunan gitu, sebagai putra dari sebuah keluarga petani di tanabe, Perfektur Wakayama. Sebenarnya beliau ini adalah pendiri dari seni beladiri jepang Aikido. Di kalangan murid aikido (biasanya disebut aikidoka) sendiri, kakek Morihei Ueshiba dipanggil Kaioso yang artinya pendiri atau gak jarang juga dipanggil Osensei yang artinya guru besar.
Kakek Morihei Ueshiba bersekolah di Sekolah Menengah Tanabe (sekarang ganti nama jadi Sekolah Menengah Pertama-Atas Negeri Tanabe Prefektur Wakayama) namun sayang kakek ueshiba gak tamat sekolah. Tapi ia sempat bekerja di kantor pajak, dan setelah itu membuka toko grosir alat-alat tulis. Selain berdagang aktivitas kakek Morihei Ueshiba juga belajar ilmu bela diri kito-ryu dan kenjutsu shinkage-ryu. Kakek Morihei Ueshiba juga sempat ikut perang Rusia-Jepang saat mengikuti wajib militer, tapi sewaktu perang itu kakek Morihei Ueshiba sempat-sempat juga mengikuti latihan beladiri yagyu shingan-ryu.
Setelah itu kakek Morihei Ueshiba ke hokkaido menjadi petani perintis dan membuka lahan pertanian di desa Shirataki, Distrik Monbetsu (sekarang ganti nama Engaru, Hokkaido). Dan juga Kakek Morihei Ueshiba mengundang Takeda Sokaku buat ngajarin Daito-ryu Aiki-jujutsu.Tapi pada tahun 1917 beliau pulang kampung nih, sayangnya beliau pulang kampung gara-gara dapat kabar bahwa ayahnya dalam keadaan kritis.
Setelah terjadi Peristiwa Oomoto, Aikibudo memisahkan diri dari Oomoto. Atas usahanya sendri (dengan perjuangan yang suash payah pastiya) kakek Morihei Ueshiba mendirikan bela diri Kobukai. Setelah berkali-kali ganti nama (kayaknya orang jepang suka’ kali ganti nama ya…?), kakek Morihei Ueshiba buka dojo bernama Kobukan pada tahun 1931 di Shinjuku, Tokyo. Pada Tahun 1940, Yayasan Kobukan mendapat pengakuan dari Kementrian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang. Pada Tahun 1948, seni bela diri  yang dirintisnya ini diganti nama (lagi…!!) menjadi Aikikai (Aikibudo sendiri diteruskan oleh keponakan kakek Morihei Ueshiba yang bernama Noriai Inoue).
Pada tahun 1969 adalah tahun terakhir kakek Morihei Ueshiba buat hidup di dunia yang fana ini, yang bertepatan pada tanggal 26 April. Kakek Morihei Ueshiba meninggal karena Karsinoma Hepatoselulaer yaitu sebuah penyakit kanker hati primer.
Dan sekarang aikido sendiri telah menjadi salah satu seni bela diri yang cukup populer di dunia maupun di Indonesia. Untuk pembahasan mengenai Aikido yang lebih terperinci akan aku tulis di edisi selanjutnya. Sabar yoo….!!
Sekian tulisan saya mengenai Morihei Ueshiba seorang pendiri beladiri aikido, semoga bermanfaat bagi yang lain. Dan apabila tulisan saya ada yang tidak anda mengerti atau mungkin sedikit menyinggung saya harapkan sebelumnya untuk memberikan maaf. Karena saya hanya manusia biasa, tempat khilaf dan salah kesempurnaan hanya milik Allah swt.
aiki bukanlah teknik bertarung yang bertujuan mengalahkan musuh. Tapi itu adalah cara untuk mendamaikan dunia dan membuat manusia menjadi satu keluarga (Morihei Ueshiba)
Advertisements
Tagged , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: