Natahan Stubbfield Penemu Telepon Genggam (Handphone)


Udah pada tahu handphone (hp) alias telepon genggam kan ?. Emm… kayaknya gak perlu lagi dijelasin apa itu handphone, karena sebagian besar dari kita pasti udah pada punya (yang gak punya buruan beli). Dari yang sekedar buat sms-an sama nelpon sampe’ yang mahal yang punya aplikasnya sejubel (udah mirip komputer alias smartphone) udah pada ada. Malahan sekarang bentuknya udah beraneka rupa, kalo dulu bentuknya pasti segi empat, kalo sekarang gak mesti petak beraneka ragam gitu. Dari yang kakek-kakek yang udah pada bangkotan sampe anak TK pasti pegang nih barang elektronik, padahalan aku dulu punya aja waktu pertama kuliah (sedih betul nasibku).

      Tapi sejarah si benda ajaib ini pertama kali ditemukan aku gak tahu, bukan hanya itu cuma kita tanya sama pengguna handphone aku rasa sebagian kecil aja yang tahu, itu pun keciiiillll kali. Karena dipengaruhi rasa penasaran yang akut aku nyari sejarahnya nih barang. Siapa sih orang iseng yang berhasil nemuin. Dan tempat buat aku nyari sumber yaa.. pasti lha si mbah google. “Let’s check this out..!”
      Sulit juga rupanya nyari sejarah handphone, malahan aku cuma jumpain perkembangan dan perusahaan-perusahaan yang mengembangkannya. Tapi bukan awil namanya kalo pantang menyerah dengan segenap kemauan yang keras aku nyari terus aku akan terus berjuang hingga titik darah penghabisan. “Merdekaa…!!”.
      Namanya jodoh akhirnya aku menemukan siapa sebenarnya yang iseng nyiptain nih barang ajaib. NamanyaNathan Stubblefield berhubung kalo dihitung si penemu umurnya sampe sekarang udah berumur 100 tahun lebih maka lebih baik untuk seterusnya aku nyebutnya engkong (iseng bener ngitung umur orang). Engkong Nathan sebenarnya hanyalah seorang petani melon tapi ia menyukai IPTEK (walaupun gak sampe dijadiin pacar), sebelum iseng nyiptain hp untuk pertama kalinya Engkong Nathan udah nemuin radio sebelum Engkong Nikola dan Engkong Guglielmo. Tapi sayang seribu sayang karena radio engkong Nathan menggunakan fekuensi audio induksi yang mana radio induksi ini menyebabkan gangguan pada wilayah sekitarnya, jadinya radio si engkong kalah populer deh.
            Tapi pada tahun 1902 engkong Nathan comeback dengan penemuannya yang terbaru, nah penemuan yang terbaru inilah yang hingga sekarang ini kita kenal dengan sebutan handphone. Si engkong ngebangun jaringan telekomunikasi di kampung halamannya Murray, Kentucky. Rupanya Kentucky bukan cuma terkenal dengan ayam gorengnya. Dengan membangun sekitar 120 kaki tiang di kebun yang dapat mentransfer percakapan dari satu telepon ke telepon lainnya dengan menggunakan medan magnet. Si engkong medemonstrasikan penemuannya di alun-alun kota pada hari tahun baru 1902. Pada tahun 1908 engkong Nathan mematenkan telpon nirkabel versi baru untuk berkomunikasi dengan kendaraan bergerak.
    Tapi sayang seribu kali sayang (lagi) mungkin karena penemuannya gak cocok dengan kebudayaan pada jaman dulu telpon nirkabel tersebut senasib dengan radio induksi temuannya, gak terkenal dan gak sukses. Tapi seratusan tahun setelah telepon nirkabelnya ditemukan engkong Nathan telah diakui sebagai “The Father of  The Modern Mobile Phone”. Bahkan bukan cuma itu saja Virgin Mobile membuat page (halaman) khusus untuk menandai ulang tahun temuan Nathan Stubbfield di website resminya.
     Dan aku sendiri sebagai salah seorang dari berjuta-juta pengguna handphone mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya buat engkong karena engkong udah iseng buat nyiptain handphone. i loph yu ‘ngkong.
Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: