Mati..!!!!


Hari ini bertepatan pada tanggal 26 april yang dimana adalah hari yang cukup mengejutkan buat makhluk tampan seperti aku ini. Semua itu karena ada 3 kabar duka cita yang kudapati. Iyaa… 3 orang (2 aku kenal 1 tau di tipi) meniggal. Bukan itu aja, orang-orang yang kudengar meninggalkan dunia yang fana ini adalah orang-orang yang kuketahui punya sifat yang baik.  Sehingga berita 3 orang yang meninggal itu membuat aku berfikir (tapi buan berarti kalau ada orang yang mennggal aku baru berfkir ya).  Dan orang-orang baik yang meninggal itu adalah…

1. Ustad Jefri 

Aku gak punya hubungan apa-apa dengan Ust. Jefri tapi, meninggalnya Ustad yang biasa dipanggil Uje ini membuat aku cukup terkejut. Selain karena beliau meninggal di usia yang masih tergolong muda 40 tahun, di tipi saudara, sahabat, dan kerabat beliau yang dari berbagai golongan banyak yang bilang bahwa Uje juga seorang penceramah yang ramah.

2. Mertua Laki-Laki Seorang Teman

Aku hanya sekali bertatap muka langsung dengan mertua laki-laki teman aku tersebut sebelum beliau meninggal bagaimana sifat dia seutuhnya juga belum aku tahu pasti. Tapi dari cerita teman aku mertuanya itu adalah seorang yang pekerja keras, yang berpantang baginya untuk meminta-minta. Bagi beliau yang patut untuk dipinta-pinta masalah rejeki hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara bekerja keras dan berdoa.

3. Imam Mesjid di Dekat Rumah

Untuk imam mesjid yang biasa dipanggil atok ini aku juga kurang mengenal dengan baik, selain karena aku segan, umur kakek ini juga sudah cukup tua sekitar 60-an lebih. Tapi mamak sama nenek aku sering bilang bahwa atok adalah orang yang baik dan sopan.

Tapi cara atok meninggal ini yang membuat aku terharu dan iri. Terharu karena beliau wafat saat menjalankan sholat subuh pada roka’at kedua. Allahu akbar. Kalian bisa bayangkan itu kawan atok meninggal dalam keadaan suci, saat sedang melaksanakan ibadah paling tinggi, dan atok sendiri adalah imamnya. Iri karena aku juga pengen.

Aku yakin seluruh muslim di dunia baik yang sholeh mapun yang salah, baik yang taat maupun yang bejat amat sangat mendambakan meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah, apalagi dalam keadaan sholat. Dan semoga saja kita bisa mendapat kematian yang Husnul Khotimah dan terhindari meninggal secara Su’ul Khotimah. Amin ya rabbal alamin.

Ketiga orang tersebut telah meninggalkan dunia ini, telah meninggalkan keluarga, meninggalkan saudara, meninggalkan kawan, bahkan meninggalkan lawan mereka, dan semoga mereka diberikan ampunan olehNya dan dierima segala amalanNya selagi di dunia ini.  Amin ya rabbal alamin.

Kabar tentang meninggalnya ketiga orang tersebut membuat otak ku yang biasanya membenci kematian menyadarkan aku bahwasanya mati itu pasti, pasti datangnya sialnya datangnya mati itu tanpa mention atau ngeDM di twitter, nginbox ke faceebook bahkan gak ngabarin lewat sms apalagi lewat surat.

Mati itu pasti datang aja, tapi ya itu tadi kapan datangnya dan dimana ia datang kita gak ada yang tahu selain “Si Empunya” badan kita ini.

Dan saat mejalani hidup ini adalah alasan bagaimana cara kita bakalan mati nanti. Apa menjadi yang husnul khotimah atau malah sebaliknya menjadi yang su’ul khotimah. Itu semua ada pada kita sendiri yang menentukan nantinya, lewat hidup kita bakalan nentuin tipe mati kita nanti kayak apa.

Menjalani hidup juga menjadi alasan saat kita mati nanti bagaimana manusia-manusia yang kita dahului mengingat kita. Apa nanti banyak yang baik yang diceritakan atau malah sebaliknya manusia-manusia yang kita dahului menjadi si peng-ghibah ulung karena keburukan kita disebar luaskan.

Dan pada akhir cerita aku ini semoga kita termasuk saya khususnya mengisi hidup ini dengan penuh kebaikan penuh dengan kebajikan. Sehingga pada akhirnya kematian itu datang menyambut kita saat kita sedang menjalankan kebaikan bukan sebaliknya.

Tagged , , ,

Leave a Reply

